Pengalaman Sekolah Bahasa dan Belajar Persiapan EJU di Jepang

Pengalaman Sekolah Bahasa dan Belajar Persiapan EJU di Jepang

by

Japan Indonesia Network memuat cerita pengalaman siswa/pelajar dari Indonesia yang sedang sekolah, tinggal, ataupun kuliah S1 atau S2 di Jepang. Di bawah ini ‘Pengalaman Sekolah Bahasa dan Belajar Persiapan EJU di Jepang‘ yang ditulis oleh Kazuyoshi, yang berasal dari Jakarta. Ayah orang Jepang dan ibu orang Indonesia, tetapi Kazuyoshi tidak pernah belajar Bahasa Jepang selama tinggal di Jakarta, dan belum pernah pergi ke Jepang. Mulai April 2016 sampai Maret 2018, belajar Bahasa Jepang sambil belajar persiapan masuk perguruan tinggi EJU di Jet Academy di Ikebukoro Tokyo. Mulai April 2018, Kazuyoshi menjadi mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin di Tokai University (東海大学). Selamat. Semangat maju terus.


Kazuyoshi masuk Tokai University
Kazuyoshi masuk Tokai University

Halo, perkenalkan nama saya Kazuyoshi George Takagi.  Saya berasal dari Jakarta, Indonesia. Sejak bulan April 2018, saya telah menjadi mahasiswa di salah satu universitas di Jepang yaitu Tokai University. Sebelum masuk universitas, saya belajar bahasa jepang di JET Academy yang menyediakan kelas yang dikhusus kan untuk pelajar asing yang ingin masuk ke universitas di Jepang yaitu shingaku class.

Dimulai dari tahun 2015 tepat setelah saya lulus SMA di Jakarta, saya mencari info-info tentang universitas di Jepang. Karena pengetahuan saya sangat minim dengan masalah pendidikan di Jepang, akhirnya saya memutuskan untuk mencari agen agar bisa membantu saya lebih mengetahui info-info tersebut. Lalu akhirnya saya menemukan website JIN di internet dan langsung saya hubungi. Pada waktu itu saya dibantu langsung oleh Mayumi Oyama sensei selaku pemilik dan direktur JIN. Saat itu saya berkomunikasi via online, konsul langsung di kantor JIN yang terletak di Jakarta Barat dan sekali saya pergi ke Bandung untuk bertemu langsung dengan Mayumi Oyama sensei. Setelah saya konsul dengan beliau, saya yang sama sekali tidak bisa berbicara bahasa jepang pada waktu itu direkomendasikan untuk masuk dulu ke sekolah bahasa jepang (JET Academy) agar bisa belajar bahasa terlebih dahulu, dan melanjutkannya ke universitas di jepang.

Speech contest dan sahabat di Jet Academy
Speech contest dan sahabat di Jet Academy

Pada awalnya saya sangat tidak percaya diri karena ini merupakan pertama kalinya saya tinggal di Negara orang dan ditambah juga saya tidak bisa sama sekali berbicara bahasa jepang. Satu bulan pertama menurut saya memang sangat berat karena kita harus membiasakan diri kita di suatu lingkungan baru. Tetapi di JET Academy ini saya dibantu oleh guru-guru dan senior-senior saya yang kebetulan orang Indonesia juga dari mulai masalah bahasa sampai mengurus yang lain-lainnya.  Tahun pertama di JET Academy saya difokuskan untuk belajar bahasa jepang dan di tahun kedua saya difokuskan untuk mempersiapkan masuk kuliah yang salah satunya itu belajar tes EJU. EJU itu adalah salah satu syarat untuk masuk ke universitas di Jepang, bagaikan SBMPTN untuk masuk ke PTN di Indonesia. Menurut saya belajar untuk persiapan EJU itu sangatlah berat karena banyak sekali kanji yang harus dimengerti dengan waktu yang sangat sempit. Ditambah lagi waktu ujiannya pun sangat pendek dan terdapat soal matematika dan IPA didalamnya. Jadi saya dilatih untuk memahami bahasa jepang dan juga harus belajar materi matematika dan IPA di waktu yang bersamaan. Tetapi di satu sisi, karena belajar EJU ini lah kemampuan memahami bahasa jepang saya sangat meningkat drastis.

Sambil  belajar mempersiapkan ujian tersebut, saya juga mempersiapkan pendaftaran universitas. waktu-waktu ini lah pressurenya begitu berat karena di saat beberapa teman sudah bisa sedikit menghembuskan nafas,  saya dan beberapa teman yang lainnya masih harus  berjuang untuk mendapatkan universitas.  Singkat cerita akhirnya saya lulus dan melanjutkan pendidikan di Tokai University. Pengalaman sekolah bahasa dan belajar persiapan EJU di Jepang penuh tantangan, seru, tetapi juga menegangkan.

Saya mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga selama saya di Jepang, karena saya berkesempatan untuk bertemu dengan pelajar asing dari negara lainnya dan saling berbagi info mengenai budaya budaya negara kami. Saya juga bisa mempelajari budaya disiplin jepang yang menurut saya membuat saya menjadi lebih baik. Sekarang saya sedang menjalani keseharian sebagai mahasiswa di Jepang, di Tokai University ini saya belajar di jurusan teknik mesin yang di fokuskan pada mesin mobil yang memang saya dari kecil sangat tertarik untuk mempelajarinya.

Pengalaman Sekolah Bahasa dan Belajar Persiapan EJU di Jepang
Pengalaman Sekolah Bahasa dan Belajar Persiapan EJU di Jepang

Bersama teman-teman di Jet Academy. Bersama teman-teman di Jet Academy.

Bersama teman-teman di Jet Academy
Bersama teman-teman di Jet Academy

Saran saya bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di jepang, jangan lah takut untuk memulai sesuatu yang baru karena memang awalnya itu terlihat sangat berat tetapi akhirnya kita mendapatkan pengalaman yang berharga. Dan juga saat sudah di Jepang perbanyaklah berbicara dengan bahasa jepang, tidak perlu takut salah karena kesalahan itu adalah sebuah pelajaran untuk menjadi lebih baik. Terima kasih telah membaca Pengalaman Sekolah Bahasa dan Belajar Persiapan EJU di Jepang ini.

2018/05/01
Kazuyoshi George Takagi


Cerita ‘Pengalaman Sekolah Bahasa dan Belajar Persiapan EJU di Jepang’ dan pengalaman-pengalaman lain pelajar dari Indonesia yang sedang/telah belajar, sekolah, kuliah, tinggal, ataupun bekerja di Jepang dapat dilihat di halaman [Pengalaman Sekolah di Jepang]. Cerita dari teman-teman Indonesia, mungkin akan meningkatkan semangat teman-teman di Indonesia yang memiliki keinginan dan impian sekolah sma, sekolah bahasa, atau kuliah (S1, S2, atau S3) di Jepang.

Wujudkan Keinginan Sekolah, Kuliah, Tinggal, atau Bekerja di Jepang. Hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network.

Klik LIKE atau SHARE untuk membagikan halaman ini ke teman lain.

Kerja Paruh Waktu di Jepang - Japan Indonesia Network

Kerja Paruh Waktu di Jepang

Pada tahun 2016 Jasso menerbitkan hasil survey kondisi aktual kehidupan pelajar/mahasiswa asing yang sedang sekolah dan kuliah di Jepang. Hasil survey tersebut dapat diakses…

oyama
Oyama
Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang - Sekolah/Kuliah/Tinggal di Jepang - 2018

Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang

‘Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang’ berisi informasi biaya hidup pelajar/mahasiswa asing yang Sekolah/Kuliah/Tinggal di Jepang yang diterbitkan oleh JASSO pada…

oyama
Oyama
Cara untuk Sekolah di Jepang

Cara untuk Sekolah di Jepang

Artikel ‘Cara untuk Sekolah di Jepang’ berisi cara, langkah, metode, dan persiapan untuk bisa mewujudkan keinginan dan impian sekolah atau kuliah di Jepang. Artikel ditulis…

oyama
Oyama