Tujuan Belajar di Jepang

Setelah memahami manfaat yang akan didapatkan jika sekolah/kuliah/belajar di Jepang, langkah berikutnya sebelum mengumpulkan informasi yang relevan adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai. Yang dimaksud dengan tujuan di sini adalah hasil akhir ideal yang ingin dicapai. Tujuan yang ingin dicapai, akan menentukan informasi yang akan dicari dan dikumpulkan, sekolah atau universitas yang akan dipilih dan dimasuki, biaya yang akan dialokasikan, jenis pekerjaan yang ingin didapatkan, masa depan yang akan ditata dll.

Jika memiliki impian melanjutkan pendidikan ke Jepang, dan setelah memperkirakan dan memahami manfaat yang akan didapatkan jika belajar di Jepang, langkah pertama adalah menentukan tujuan. Kejelasan tujuan adalah first step!. Untuk apa belajar ke Jepang? Sekolah di luar negeri tidak mudah, banyak informasi yang perlu dikumpulkan, banyak hal yang perlu dipertimbangkan, dan mungkin juga tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Jika tujuan tidak jelas dan tidak kuat, ada kemungkinan berhenti di tengah jalan dan kembali ke Indonesia sebelum menyelesaikan pendidikan di Jepang.

Apakah yang ingin dicapai ? Di antara kemungkinan tujuan di bawah ini, sebenarnya manakah tujuan yang ingin dicapai?

[table “” not found /]

Jika hanya ingin mengunjungi Jepang, tidak perlu sekolah/kuliah/belajar di Jepang, cukup berwisata ke Jepang selama beberapa hari atau satu-dua minggu. Jika ingin menikmati keindahan alam dan kota di Jepang, merasakan makanan Jepang, mengenal masyarakat dan budaya Jepang sekilas, sambil belajar Bahasa Jepang dalam waktu singkat, mungkin dapat mencoba mengikuti summer-school atau winter-school. Dua program ini cocok untuk mereka yang ingin berwisata + belajar bahasa + mengenal budaya + mendapatkan teman baru, dalam waktu antara satu minggu sampai satu bulan. Jika bukan program summer atau winter, bisa juga mencoba mengikuti Program Jangka Pendek di Sekolah Bahasa Jepang.

Jika ingin sekolah atau kuliah di Jepang, perlu mengumpulkan informasi tentang sekolah atau universitas di Jepang sebelum mengambil keputusan. Di Jepang ada banyak sekolah/universitas dan setiap sekolah/universitas memiliki program beragam. Yang paling penting: memilih program yang cocok untuk mewujudkan tujuan, cita-cita dan impian. Jika merasa memiliki minat/hobby tertentu dan ingin menguasai bidang keahlian tertentu, seperti misalnya fashion, musik, hospitality, craft, desain grafis dll, mungkin lebih tepat masuk sekolah tinggi kejuruan (professional traning college), sehingga setelah lulus dapat bekerja sesuai bidang keahlian atau membuka bisnis terkait bidang keahlian tersebut.

Japan Indonesia Network, menyediakan informasi dan jasa konsultasi untuk mencapai tujuan anda. Hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network

Ikuti kami dengan mengklik SUKA dan BAGIKAN di bawah ini.

Featured Image CC Marco Germinario