Biaya Kuliah di Jepang

Biaya kuliah di Jepang merupakan faktor penting yang dipertimbangkan oleh orang-tua atau calon mahasiswa yang akan kuliah di Jepang dengan biaya sendiri. Di bawah ini hasil survey yang dilakukan oleh Ministry of Education, Culture, Sport, Science and Technology – Japan (MEXT) pada tahun 2017, dan dimuat di panduan Japan Student Services Organization (JASSO) 2017/2018. Biaya yang ditampilkan merupakan biaya kuliah rata-rata dari semua universitas dan college yang ada di Jepang. Biaya kuliah dibagi menjadi empat, sesuai dengan kategori perguruan tinggi (pendidikan tinggi) di Jepang:

  • Biaya kuliah Program Sarjana di universitas di Jepang
  • Biaya kuliah Professional Trainning College di Jepang
  • Biaya kuliah Junior College di Jepang
  • Biaya kuliah College of Technology di Jepang

Biaya kuliah untuk program pasca-sarjana dibahas di artikel lain di website Japan Indonesia Network. Gambaran rentang biaya kuliah total (sejak masuk kuliah sampai lulus) untuk empat kategori perguruan tinggi di atas sbb:

Biaya Kuliah di Jepang - Total sampai Lulus - Japan Indonesia Network 2018

Biaya Kuliah di Jepang – Total sampai Lulus – Japan Indonesia Network 2018

BIAYA KULIAH PROGRAM SARJANA DI JEPANG

Biaya kuliah di Jepang untuk program 4 tahun sarjana (sebagian besar) dan 6 tahun sarjana kedokteran/farmasi ditampilkan pada tabel 1 di bawah ini. Biaya kuliah/spp (sumbangan pembinaan pendidikan) ditampilkan per-tahun, bukan per-semester. Kolom paling kanan pada tabel menunjukkan biaya total kuliah 4 tahun program sarjana di universitas/daigaku, sejak masuk kuliah sampai lulus. Khusus  kedokteran dan farmasi biaya total dihitung 6 tahun. Biaya total di kolom paling kanan dalam rupiah. Perhitungan menggunakan 1 Yen = Rp.125.

Tabel 1. Biaya Kuliah Program Sarjana di Jepang.
[table “” not found /]

BIAYA KULIAH PROFESSIONAL TRAINING COLLEGE DI JEPANG

Biaya kuliah di Jepang untuk program Professional Training College (Senmon Gakko) ditampilkan pada tabel 2 di bawah ini.  Professional Training College tempat untuk belajar pengetahuan dan ketrampilan bidang tertentu. Porsi pembelajaran dengan praktek lebih banyak dibandingkan universitas.  Professional Training College cocok untuk pelajar yang ingin membuka usaha sendiri memanfaatkan ketrampilan yang dikuasai. Program Professional Training College umumnya 2 tahun, meskipun ada juga yang 3 tahun atau 4 tahun. Pada tabel, kolom paling kanan menunjukkan simulasi biaya total kuliah 2 tahun di Professional Training College, dalam rupiah. Perhitungan menggunakan 1 Yen = Rp.125.

Tabel 2. Biaya Kuliah Professional Training College di Jepang.
[table “” not found /]

BIAYA KULIAH JUNIOR COLLEGE DI JEPANG

Biaya kuliah di Jepang untuk Junior College (Tandai) ditampilkan pada tabel 3 di bawah ini. Junior College merupakan program kuliah selama 2 tahun. Kolom paling kanan pada tabel menunjukkan biaya total kuliah di Junior College selama 2 tahun dalam rupiah. Perhitungan menggunakan 1 Yen = Rp.125.

Tabel 3. Biaya Kuliah Junior College di Jepang.
[table “” not found /]

BIAYA KULIAH COLLEGE OF TECHNOLOGY DI JEPANG

Biaya kuliah di Jepang untuk College of Technology (Kosen) ditampilkan pada tabel 4 di bawah ini. Hampir semua College of Technology yang ada di Jepang  dikelola oleh pemerintah Jepang (negeri). College of Technology di Jepang merupakan program 5 tahun pendidikan yang dimulai sejak lulus SMP. Bagi pelajar asing (dari luar Jepang), College of Technology  hanya dapat diikuti setelah lulus SMA di negera sendiri dan durasi program selama 3 tahun. College of Technology melahirkan tenaga-tenaga terampil bagi industri Jepang. Kolom paling kanan menunjukkan biaya total untuk kuliah selama 3 tahun di College of Technology. Perhitungan menggunakan 1 Yen = Rp.125.

Tabel 4. Biaya Kuliah College of Technology di Jepang.
[table “” not found /]


BIAYA KULIAH DAN BIAYA HIDUP

Biaya total yang akan dikeluarkan pelajar/mahasiswa selama di Jepang sama dengan biaya kuliah ditambah biaya hidup di Jepang. Hasil survey JASSO, biaya hidup rata-rata mahasiswa asing di Jepang sebesar 82.000 Yen per bulan. Jika 1 Yen = 125, maka 82.000 Yen sama dengan Rp.10.250.000. Di bawah ini perhitungan biaya per-bulan, per-tahun, biaya hidup untuk kuliah di Junior College/Professional Training College selama 2 tahun, biaya kuliah sarjana/S1 di universitas selama 4 tahun, dan biaya kuliah sarjana/S1 kedokteran dan farmasi di universitas selama 6 tahun (tabel 5). Simulasi biaya kuliah dan biaya hidup total untuk beberapa pilihan kuliah dapat dilihat di tabel 6. Perhitungan menggunakan 1 Yen = Rp.125.

Tabel 5. Biaya Hidup di Jepang
[table “” not found /]

Berdasarkan tabel-tabel di atas, simulasi biaya kuliah dan biaya hidup total yang akan dikeluarkan bila kuliah di Jepang mulai masuk sampai lulus dapat dilihat di tabel 6.

Tabel 6. Simulasi Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jepang 
[table “” not found /]

WUJUDKAN IMPIAN KULIAH DI JEPANG

Wujudkan impian sekolah, kuliah, belajar, studi, bekerja, atau tinggal di Jepang, dengan menghubungi Japan Indonesia Network di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network.

Featured image @pokutaso. Dapatkan berita terbaru dari JIN dengan klik: