Bekerja di Jepang

by

Berminat bekerja di Jepang? Bekerja di manapun, mengusai bahasa lokal sangat penting. Yang dimaksud bekerja di sini adalah bekerja sebagai pegawai tetap, bukan bekerja part-time atau arubaito. Terkait dengan pekerjaan, menguasai bahasa akan memberikan manfaat sbb:

  1. Meningkatkan kemungkinan diterima saat melamar kerja.
  2. Mempermudah komunikasi dengan kolega kerja.
  3. Mempercepat akumulasi pengetahuan dan penguasaan ketrampilan di tempat kerja.
  4. Meningkatkan kemungkinan mendapatkan posisi dan tugas penting serta memperlancar karir/profesi.

Jika bekerja tanpa menguasai bahasa kerja/bisnis yang digunakan oleh kolega atau atasan, maka komunikasi akan kurang lancar, dan saat bekerja ditugasi pekerjaan yang cenderung tidak penting. Tanpa penguasaan bahasa, yang akan terjadi “working hard” bukan “working smart”. Penguasaan bahasa (dan penguasaan kompetensi terkait pekerjaan) akan mempermudah proses pelamaran pekerjaan, mempermudah penyerapan pengetahuan ataupun ketrampilan dari Jepang, dan memperlancar karir. Karena itu, apabila berminat bekerja di Jepang ataupun di perusahaan Jepang, pilihan langkah/rencana/plan untuk mewujudkannya sbb:

PLAN A

Steps Kegiatan/Target
1 Sekolah SMA di Jepang
2 Kuliah di universitas atau professional training college di Jepang
3 Bekerja di Jepang
Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan SMA (3,5 tahun, apabila masuk bulan Oktober) dan Universitas (4 tahun) sama dengan 7,5 tahun. Apabila sekolah SMA di Jepang, kuliah juga di Jepang, penguasaan Bahasa Jepang akan setara dengan orang Jepang.

PLAN B

Steps Kegiatan/Target
1 Sekolah SMA di Indonesia
2 Sekolah Bahasa Jepang di Jepang selama 1.5-2 tahun
3 Kuliah di universitas atau professional training college di Jepang
4 Bekerja di Jepang
Perlu tambahan waktu sekolah bahasa selama 1,5 sampai 2 tahun. Penguasaan bahasa akan membuat balik modal akan lebih cepat. Pengembangan diri di masa depan juga lebih baik daripada tidak menguasai bahasa.

PLAN C

Steps Kegiatan/Target
1 Sekolah SMA di Indonesia
2 Kuliah di universitas di Indonesia
3 Sekolah Bahasa Jepang di Jepang selama 1.5-2 tahun
4 Bekerja di Jepang
SMA dan kuliah di Indonesia. Setelah selesai kuliah sekolah Bahasa Jepang di Jepang. Setelah lulus sekolah bahasa, bekerja di Jepang atau perusahaan Jepang di Indonesia.

PLAN D

Steps Kegiatan/Target
1 Sekolah SMA di Indonesia
2 Kuliah di universitas di Indonesia
3 Sekolah Bahasa Jepang di Jepang selama 1.5-2 tahun
4 Kuliah S2 di Jepang
5 Bekerja di Jepang
Pilihan pekerjaan yang dapat dilamar oleh lulusan S2 berbeda dengan lulusan S1. Kuliah S2 akan meningkatkan kompetensi penelitian yang diperlukan untuk bekerja sebagai profesional atau di kegiatan research and development. Research and development, merupakan kegiatan penting untuk selalu upgrade produk/jasa agar terdepan dan paling laku di pasaran.

WUJUDKAN IMPIAN BEKERJA DI JEPANG

Hubungi kami untuk pendaftaran SMA di Jepang, Sekolah Bahasa Jepang atapun konsultasi persiapan sekolah/kuliah di Jepang. Hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network
Ikuti kami dengan klik LIKE atau SHARE di bawah ini:

Featured Image CC MTAPhotos

Kerja Paruh Waktu di Jepang - Japan Indonesia Network

Kerja Paruh Waktu di Jepang

Pada tahun 2016 Jasso menerbitkan hasil survey kondisi aktual kehidupan pelajar/mahasiswa asing yang sedang sekolah dan kuliah di Jepang. Hasil survey tersebut dapat diakses…

oyama
Oyama
Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang - Sekolah/Kuliah/Tinggal di Jepang - 2018

Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang

‘Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang’ berisi informasi biaya hidup pelajar/mahasiswa asing yang Sekolah/Kuliah/Tinggal di Jepang yang diterbitkan oleh JASSO pada…

oyama
Oyama
Cara untuk Sekolah atau Kuliah di Jepang

Cara untuk Sekolah atau Kuliah di Jepang

Artikel ‘Cara untuk Sekolah atau Kuliah di Jepang’ berisi cara-cara dan langkah-langkah untuk mewujudkan keinginan dan impian sekolah atau kuliah di Jepang. Artikel…

oyama
Oyama