Belajar di Ueda, Jepang

by

Di bawah ini cerita pengalaman sekolah di Jepang Nanda Nur Ayu Sagita, pelajar dari Indonesia yang telah belajar Bahasa Jepang di Manabi Japanese Language Institute. Nanda mendaftar dan mengurus keberangkatan ke Jepang bersama Japan Indonesia Network(JIN).

Perkenalkan nama saya Nanda. Saya berasal dari Bandung namun berdomisili di Karawang. Karena Saya sudah bekerja, saya memilih untuk mengikuti program jangka pendek selama satu bulan di Manabi Japanese Language Institute melalui JIN. Alasan saya mengikuti program jangka pendek ini karena saya ingin memiliki pengalaman belajar Bahasa Jepang langsung di negaranya. Sebelumnya saya sudah belajar bahasa Jepang kurang lebih sekitar 4 tahun di Universitas Padjadjaran. Namun selama saya kuliah, saya belum pernah sekalipun mempunyai pengalaman di Jepang. Maka dari itu setelah saya bekerja, saya memutuskan untuk belajar lagi Bahasa Jepang di Jepang.

Setelah banyak berdiskusi dan konsultasi dengan pihak JIN, akhirnya saya berangkat ke Jepang pada bulan Oktober. Saya juga banyak bertanya mengenai berapa biaya yang dikeluarkan, bagiamana tempat tinggal yang akan saya tempati selama satu bulan belajar disana, apakah ada asuransi, dan lain sebagainya. Semua itu dapat kita diskusikan sesuai apa yang kita inginkan. Jadi untuk teman-teman yang ingin pergi ke Jepang dan tidak tahu bagaimana caranya. Tidak perlu khawatir karena kita pasti akan dibimbing dan dibantu oleh JIN sampai kita berangkat ke Jepang.

Pengalaman Sekolah di Jepang Nanda
Belajar di Ueda, Jepang – Wujudkan Impian Sekolah di Jepang bersama Japan Indonesia Network

Pengalaman saya selama mengikuti program jangka pendek di Manabi sangat luar biasa. Manabi memiliki dua kampus, yaitu di Nagano dan di Tokyo. Namun saya memilih kampus Nagano, karena biaya hidupnya lebih murah dibandingkan dengan Tokyo. Saat saya sudah datang di Jepang, dari bandara saya di jemput oleh staf sekolah. Saya tiba di bandara Narita. Dari Bandara menuju sekolah kira-kira membutuhkan waktu 4,5 jam menggunakan mobil. Saya diantar sampai tempat tinggal di Ueda. Jarak tempat tinggal dengan sekolah sangat dekat. Kira-kira hanya menempuh waktu 5 menit dengan berjalan kaki. Tempat tinggal pun sangat nyaman. Sudah termasuk kamar mandi dalam, kasur, tv, microwave dan paling penting adalah wifi. Jika ingin berpergian jauh, tidak usah khawatir karena hotel menyediakan fasilitas peminjaman sepeda gratis.

Mengenai pembelajaran di Manabi, saya mengikuti proses dari awal sekali. Pertama kita akan disuruh datang ke sekolah sebelum hari sekolah dimulai untuk placement test. Bagi yang belum belajar sama sekali tidak usah khawatir karena placement test ini akan menentukan kelas apa yang cocok untuk kita.

Satu hari sebelum hari sekolah dimulai, diadakan upacara penerimaan siswa baru sekaligus pengumuman hasil placement test. Karena saya sudah belajar Bahasa Jepang cukup lama, saya masuk ke kelas N2 awal. Kegiatan belajar dibagi menjadi dua bagian. Kelas pagi dan kelas siang. Kelas pagi khusus untuk level N4 akhir sampai N2 akhir dan kelas siang untuk pemula sampai N4 awal. Karena saya masuk kelas N2 awal, saya masuk  ke kelas pagi dari pukul 8:20 sampai 12:20.

Belajar di Ueda, Jepang Nanda
Suasana saat belajar di kelas
Belajar di Ueda, Jepang Nanda
Suasana saat belajar di kelas
Belajar di Ueda, Jepang Nanda
Berfoto bersama guru-guru dari Manabi yang ramah
Belajar di Ueda, Jepang Nanda
Berfoto bersama guru dari Manabi yang ramah
Belajar di Ueda, Jepang Nanda
Makan bersama guru dari Manabi

Setiap minggu kita diberi lembar copy jadwal pelajaran dan tugas untuk 2 minggu ke depan. Dalam lembar itu kita akan tahu materi apa yang akan kita pelajari. Pada umumnya, pelajaran yang kita pelajari setiap hari adalah grammar, kanji, reading dan listening. Setiap akhir minggu akan selalu ada pelajaran yang berbeda. Misalnya pelajaran cara interview saat ujian masuk universitas, cara mengatasi bencana alam, belajar budaya Jepang dan study tour pun ada. Jadi kegiatan di sekolah tidak hanya mengenai Bahasa Jepang saja.

Mengenai guru-guru di Manabi, teman-teman tidak usah khawatir karena guru di sini semua sangat ramah. Jika ada kesulitan teman-teman bisa berdiskusi dengan wali kelasnya atau dengan sensei lainnya. Pasti akan dibantu.

Lingkungan di Ueda juga sangat menyenangkan. Untuk orang yang tidak terlalu suka keramaian, Ueda adalah tempat yang cocok. Udara di sini pun sangat sejuk dan bersih karena sedikit kendaraan dan banyak dikelilingi gunung. Karena saya datang bulan Oktober, saat itu di Jepang sedang musim gugur. Namun di Ueda sudah seperti musim dingin, karena rata-rata suhunya adalah sekitar 15 derajat celcius. Paling dingin pernah samapi 3 derajat celcius. Jadi jika ingin pergi ke Ueda pada sekitar akhir tahun, teman-teman harus banyak mempersiapkan baju panjang dan jaket tebal. Kehidupan di Ueda sangat praktis. Dekat tempat tinggal ada convenient store (orang Jepang biasanya menyebut Konbini). Di dekat sekolah ada kastil Ueda dan banyak tempat untuk membeli oleh-oleh khas Ueda. Cocok sekali untuk yang ingin jalan-jalan sambil melihat kastil Jepang.

Belajar di Ueda, Jepang Nanda

Belajar di Ueda, Jepang Nanda
Belajar di Ueda, Jepang – Wujudkan Impian Sekolah di Jepang bersama Japan Indonesia Network

Dari tempat tinggal ke stasiun juga sangat dekat, sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Jadi jika teman-teman ingin berpergian dengan kereta tidak usah khawatir pergi jauh. Untuk yang suka belanja, di dekat sekolah dan di dekat tempat tinggal juga ada mall yang cukup lengkap.  Biaya kehidupan sehari-hari di sini juga tidak terlalu mahal. Untuk makan teman-teman bisa makan enak dengan harga 1,000 yen. Namun juga bisa lebih murah, tergantung teman-teman mau makan apa. Namun untuk makanan halal masih agak sulit karena kaum muslim di sini masih sangat sedikit. Mayoritas makanan di sini rasanya manis. Jadi untuk yang suka pedas bisa siap-siap untuk membawa saus atau bumbu pedas lainnya dari Indonesia. Membawa banyak bumbu instan, atau makanan instan lainnya juga sangat disarankan. Karena pada awalnya mungkin akan sulit terbiasa dengan rasa makanan Jepang.

Setelah mengikuti program belajar selama satu bulan, saya kembali bekerja dan mengikuti ujian JLPT N2. Saya mendapatkan banyak sekali manfaat walaupun hanya belajar selama satu bulan. Motivasi belajar Bahasa Jepang saya semakin bertambah, saya juga dapat mengerjakan ujian JLPT dengan percaya diri dan saya juga merasa kemampuan berbicara dengan Bahasa Jepang saya bertambah.

Suatu saat nanti saya ingin kembali lagi belajar di Jepang. Karena menurut saya Jepang adalah tempat yang sangat baik untuk mencari ilmu. Lingkungan , suasana dan fasilitas, semuanya sangat mendukung sekali. Terima kasih JIN karena sudah banyak membantu mewujudkan salah satu mimpi saya.

Belajar di Ueda, Jepang Nanda
Upacara Minum Teh
Belajar di Ueda, Jepang Nanda
Upacara Minum Teh

Wujudkan impian

Wujudkan impian sekolah/kuliah di Jepang bersama Japan Indonesia Network. Ketercapaian tujuan anda/putra-putri anda, perhatian utama JIN. Hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network

Dapatkan berita terbaru dari JIN dengan klik:

 

Sekolah di SMA Sendai Ikuei Gakuen

Cerita singkat tentang sekolah di SMA Sendai Ikuei Gakuen dari Rayfandi, pelajar dari Indonesia yang telah menyelesaikan sekolah di SMA Sendai Ikuei Gakuen hingga akhirnya…

Avatar
JIN Office

Pengalaman Winter Program di Kyoto

Hai, nama saya Grace Adelia. Saya berasal dari kota Kudus, Jawa Tengah. Saya kuliah di Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong. Setelah lulus kuliah, saya memutuskan…

Avatar
JIN Office

Belajar di Ueda, Jepang

Di bawah ini cerita pengalaman sekolah di Jepang Nanda Nur Ayu Sagita, pelajar dari Indonesia yang telah belajar Bahasa Jepang di Manabi Japanese Language Institute…

Avatar
JIN Office

Spring Program Japan 2019

Japan Indonesia Network membuka pendaftaran untukĀ  SPRING PROGRAM JAPAN 2019 yang akan diselenggarakan pada bulan April, Mei, dan Juni 2019. Pada liburan musim semi di…

Avatar
JIN Office