Pendaftaran Sekolah di Jepang

Pendaftaran Sekolah di Jepang

by

Data dari JASSO (lembaga di bawah Kementerian Pendidikan Jepang), jumlah mahasiswa Indonesia di Jepang tahun sampai Maret 2018 berjumlah 5495. Jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dibandingkan tahun 2010, yang berjumlah 2410. Jumlah mahasiswa Indonesia meningkat dengan cepat. Penyumbang porsi terbesar peningkatan tersebut adalah mahasiswa Indonesia yang sekolah atau kuliah di Jepang dengan biaya sendiri. Selain faktor kemajuan pengetahuan dan teknologi, kemajuan budaya, keamanan, keindahan alam dan kota, dan kenyamanan, faktor yang membuat kuliah di Jepang menarik adalah biaya kuliah di Jepang relatif lebih murah dibandingkan negara lain seperti Amerika, Australia, Singapore, Inggris, dll. Biaya hidup di Jepang semakin terjangkau bagi orang Indonesia. Pelajar dari Indonesia dapat melakukan pendaftaran sekolah di Jepang melalui Japan Indonesia Network. Proses untuk pendaftaran sekolah dan universitas di Jepang sbb:

Proses Pendaftaran Sekolah di Jepang

  1. Konsultasi Online: konsultasi dengan JIN melalui chat, telepon, ataupun video-call menggunakan email, Whatsapp, LINE, Facebook, Skype, dll. Di manapun anda berada, anda dapat konsultasi dengan JIN menggunakan media komunikasi online. Konsultasi online dengan JIN tidak dipungut biaya.
  2. Konsultasi Tatap-muka: konsultasi tatap muka dengan JIN di kantor JIN di Bandung dan Jakarta, atau di tempat penyelenggaraan seminar oleh JIN. Konsultasi tatap-muka dengan JIN tidak dipungut biaya.
  3. Pemilihan sekolah: JIN merekomendasikan sekolah, college, atau universitas di Jepang mengikuti tujuan yang ingin dicapai oleh masing-masing calon pelajar. Ketercapaian tujuan calon pelajar merupakan prioritas JIN. Tergantung pada tujuan, JIN juga menyampaikan pilihan sekolah, college, atau universitas tertentu di Jepang yang bukan mitra JIN atau yang calon pelajar dapat mendaftar sendiri secara langsung.
  4. Pendaftaran sekolah di Jepang: JIN menyampaikan informasi dokumen-dokumen yang perlu disiapkan baik dokumen untuk pendaftaran sekolah ataupun dokumen untuk pengurusan visa pelajar. JIN juga membantu memeriksa kelengkapan setiap dokumen, serta menerjemahkan dokumen dengan akurat agar proses pendaftaran dan pengurusan visa lancar. Setelah semua dokumen lengkap, JIN mengirimkan dokumen pendaftaran sekolah di Jepang.

Tentang Pengurusan Visa

Ketidaklengkapan dokumen dan kesalahan isian pada dokumen, dapat menyebabkan visa pelajar tidak dikeluarkan oleh kedutaan besar Jepang. Kewenangan pemberian visa sepenuhnya hak kedutaan/pemerintah Jepang, bukan pada JIN. Jika dokumen tidak masalah, biasanya pelajar yang mengurus pendaftaran melalui JIN mendapatkan Certificate of Eligibility dari imigrasi Jepang.

Wujudkan impian

Wujudkan impian sekolah/kuliah di Jepang bersama Japan Indonesia Network. Pendaftaran sekolah di Jepang melalui JIN hemat energi, cepat, dan memberikan hasil. Ketercapaian tujuan anda/putra-putri anda, prioritas JIN. Hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office, facebook japan.indonesia.network, atau follow instagram kami japan.indonesia.network

Ikuti kami dan bagikan informasi tentang JIN dengan klik LIKE atau SHARE di bawah ini:

Kerja Paruh Waktu di Jepang - Japan Indonesia Network

Kerja Paruh Waktu di Jepang

Pada tahun 2016 Jasso menerbitkan hasil survey kondisi aktual kehidupan pelajar/mahasiswa asing yang sedang sekolah dan kuliah di Jepang. Hasil survey tersebut dapat diakses…

oyama
Oyama
Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang - Sekolah/Kuliah/Tinggal di Jepang - 2018

Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang

‘Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang’ berisi informasi biaya hidup pelajar/mahasiswa asing yang Sekolah/Kuliah/Tinggal di Jepang yang diterbitkan oleh JASSO pada…

oyama
Oyama
Cara untuk Sekolah atau Kuliah di Jepang

Cara untuk Sekolah atau Kuliah di Jepang

Artikel ‘Cara untuk Sekolah atau Kuliah di Jepang’ berisi cara-cara dan langkah-langkah untuk mewujudkan keinginan dan impian sekolah atau kuliah di Jepang. Artikel…

oyama
Oyama