Cara untuk Sekolah di Jepang

Cara untuk Sekolah di Jepang

by

Artikel ‘Cara untuk Sekolah di Jepang‘ berisi cara, langkah, metode, dan persiapan untuk bisa mewujudkan keinginan dan impian sekolah atau kuliah di Jepang. Artikel ditulis padat dan langsung menuju sasaran agar pembaca mendapatkan manfaat maksimal dalam waktu yang singkat. Artikel ini berisi beberapa topik:

  • Cara mencari informasi dan mengumpulkan pengetahuan.
  • Kategori informasi yang dibutuhkan.
  • Mengarahkan motivasi dan tujuan.

CARA MENCARI INFORMASI DAN MENGUMPULKAN PENGETAHUAN
Yang didengar melalui telinga dan dilihat oleh mata disebut informasi. Informasi yang mengendap di memori disebut pengetahuan. Pengetahuan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari disebut pemahaman. Tiga cara untuk mengumpulkan pengetahuan: mendengar, membaca, dan melihat. Tiga cara ini, merupakan pengetahuan dasar untuk memahami cara untuk sekolah di Jepang.

  1. Mendengar (survey – komunikasi dengan orang lain)
    Cara mengumpulkan pengetahuan ini dilakukan oleh murid TK, SD, SMP, SMA, dan juga perguruan tinggi. Pengetahuan didapatkan dari mendengarkan penjelasan guru atau dosen. Dari samudra pengetahuan yang luas, guru dan dosen membantu memilah dan memilih, serta menjelaskannya ke murid sesuai dengan tingkatan dan tujuan pelajaran/mata-kuliah. Mendengar merupakan cara efektif mengumpulkan pengetahuan dengan cara cepat. Cara ini dapat dilakukan misalnya dengan bertanya dan mendengarkan pengalaman teman yang pernah sekolah/kuliah di Jepang. Cara yang lebih memberikan hasil (efektif) adalah bertanya, konsultasi, dan mendengarkan penjelasan dari konsultan profesional pendidikan di Jepang Japan Indonesia Network.
  2. Membaca (arsip – dari dokumen tercetak atau daring)
    Cara mengumpulkan pengetahuan ini juga dilakukan oleh murid sekolah atau mahasiswa universitas. Pengetahuan dikumpulkan dengan cara membaca catatan kuliah atau buku. Untuk memahami cara untuk sekolah di Jepang, juga dapat dilakukan dengan membaca panduan atau informasi yang disediakan oleh Japan Indonesia Network di website JIN atau newsletter JIN. Kirim pesan ke info@jin.co.id bila ingin mengikti newsletter JIN.
  3. Melihat (observasi – interaksi langsung dengan sumber pengetahuan)
    Cara mengumpulkan pengetahuan dengan datang langsung ke sumber pengetahuan dan secara visual melihat dan mengalami. Cara ini dapat dilakukan misalnya dengan liburan ke Jepang, mengikuti winter program, summer program, atau program jangka pendek di Jepang. Cara ini juga dapat dilakukan dengan mendatangi atau mengikuti pameran pendidikan atau seminar pendidikan Jepang. Cara mengumpulkan pengetahuan ‘melihat’ tidak dapat berdiri sendiri. ‘Melihat’ akan lebih efektif bila disertai dengan mendengar dan membaca.

KATEGORI INFORMASI YANG DIBUTUHKAN
Informasi yang dibutuhkan untuk persiapan sekolah atau kuliah di jepang meliputi: jenis sekolah/pendidikan tinggi, biaya sekolah, kuliah dan biaya hidup, proses pendaftaran dan keberangkatan, dan tips hidup dan tinggal di Jepang.

  1. Jenis sekolah/pendidikan tinggi di Jepang
    Sekolah dan pendidikan tinggi (perguruan tinggi) di Jepang yang dapat menerima pelajar dari Indonesia: SMA swasta, sekolah Bahasa Jepang di Jepang, diploma (junior college – tandai), professional training college – senmon gakkou, dan universitas (university – daigaku). SMA Sendai Ikuei Gakuen di Jepang, menerima pelajar lulusan SMP dari Indonesia. Perguruan tinggi di Jepang yang menyelenggarakan program internasional berbahasa Inggris terbatas. Untuk meningkatkan jumlah pilihan jurusan dan universitas, meningkatkan kemungkinan sukses di akademik dan sosial, serta membina networking, sebelum masuk perguruan tinggi di Jepang, biasanya pelajar sekolah Bahasa Jepang di Jepang selama satu setengah sampai dua tahun.
  2. Biaya sekolah, kuliah, dan biaya hidup di Jepang
    Biaya sekolah, kuliah, dan biaya hidup di Jepang total per-tahun sekitar 2-3 juta yen. Bila 1 Yen = Rp.125, 2 juta Yen sekitar Rp.250 juta dan 3 juta yen sekitar Rp.375 juta. Biaya total sekolah SMA selama 3 tahun sekitar Rp.750 juta sampai sekitar Rp.1.025 juta. Biaya total sekolah bahasa selama 1,5 tahun, sekitar Rp.375-562 juta. Biaya kuliah di junior college atau professional training college selama 2 tahun sekitar Rp. 500-750 juta. Biaya total kuliah di universitas selama 4 tahun sekitar Rp. 1-1,5M. Informasi lebih detail dapat dilihat di website JIN: Biaya Sekolah di JepangBiaya Kuliah di Jepang, dan Biaya Hidup di Jepang. Saat sekolah bahasa atau kuliah di Jepang, mahasiswa juga dapat kerja part-time, lihat informasi kerja part-time di halaman ini (klik di sini).  Informasi beasiswa dapat dilihat di website JASSO. Pendaftar beasiswa ribuan orang, yang menerima beasiswa dapat dihitung jari.
  3. Proses pendaftaran sekolah dan perguruan tinggi di Jepang
    Proses pendaftaran sekolah SMA dan sekolah Bahasa Jepang di Jepang dapat dilakukan melalui Japan Indonesia Network. JIN agen pendaftaran sekolah di Jepang.
  4. Tips hidup dan tinggal di Jepang
    Tips hidup dan tinggal di Jepang dapat dilihat di halaman Pengalaman Sekolah di Jepang, Kehidupan di Jepang, Persoalan Sekolah di JepangPersoalan Kuliah di Jepang, atau di artikel-artikel JIN yang lain.

MENGARAHKAN MOTIVASI DAN TUJUAN

Motivasi (dorongan dari dalam diri seseorang) dan tujuan (hasil akhir ideal yang ingin dicapai) merupakan motor penggerak untuk mencari cara untuk sekolah di Jepang dan mengambil langkah nyata untuk mewujudkan impian. Interaksi dengan orang lain (mendengar), tulisan-tulisan yang pernah dibaca (membaca), dan pengalaman yang telah dilalui (melihat) akan membentuk nilai (value, penting tidak penting segala sesuatu) dan tingkat kedalaman keluasan pengetahuan seseorang. Nilai dan pengetahuan akan mempengaruhi motivasi dan tujuan. Selanjutnya informasi/pengetahuan yang diserap akan memperdalam ataupun mengarahkan motivasi dan tujuan. Banyak mendengar, banyak membaca, dan banyak melihat akan mengasah motivasi dan tujuan.

Mewujudkan Impian Sekolah/Kuliah di Jepang

Japan Indonesia Network konsultan pendidikan di Jepang dan agen pendaftaran sekolah dan perguruan tinggi di Jepang. Wujudkan impian sekolah dan kuliah di Jepang bersama Japan Indonesia Network. Hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 0812-1477-937, LINE jin_office atau follow facebook dan instagram kami japan.indonesia.network.

Foto dua gadis Jepang di stasiun kereta di Kyoto @Japan Indonesia Network. Klik LIKE atau SHARE untuk membagikan halaman ini ke teman lain.

Kerja Paruh Waktu di Jepang - Japan Indonesia Network

Kerja Paruh Waktu di Jepang

Pada tahun 2016 Jasso menerbitkan hasil survey kondisi aktual kehidupan pelajar/mahasiswa asing yang sedang sekolah dan kuliah di Jepang. Hasil survey tersebut dapat diakses…

oyama
Oyama
Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang - Sekolah/Kuliah/Tinggal di Jepang - 2018

Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang

‘Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa di Jepang’ berisi informasi biaya hidup pelajar/mahasiswa asing yang Sekolah/Kuliah/Tinggal di Jepang yang diterbitkan oleh JASSO pada…

oyama
Oyama
Cara untuk Sekolah di Jepang

Cara untuk Sekolah di Jepang

Artikel ‘Cara untuk Sekolah di Jepang’ berisi cara, langkah, metode, dan persiapan untuk bisa mewujudkan keinginan dan impian sekolah atau kuliah di Jepang. Artikel ditulis…

oyama
Oyama