Mencari Informasi Kuliah di Jepang

by

MENCARI INFORMASI
Untuk mewujudkan impian Kuliah di Jepang

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel Kuliah di Jepang, yang membahas empat langkah awal untuk mewujudkan impian kuliah di Jepang. Artikel ini membahas tiga metode untuk mencari informasi kuliah di Jepang. Tiga metode untuk mencari informasi yang dibahas di artikel ini sama dengan metode untuk belajar, untuk menjadi tahu sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui, dan untuk membuat diri sendiri menjadi pintar. Tiga metode ini juga sama dengan metode untuk dapat memahami sesuatu yang sebelumnya tidak dipahami. Tiga metode ini juga digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian.

Jika memiliki impian kuliah di Jepang, langkah awal untuk mewujudkan impian adalah mencari informasi terkait Kuliah di Jepang. Semakin banyak informasi relevan dikumpulkan, kemungkinan impian terwujud semakin besar. Semakin terinci informasi dikumpulkan, fakta/kenyataan semakin dipahami, dan pengambilan keputusan akan semakin tepat. Misalnya, informasi yang perlu dikumpulkan adalah tentang biaya kuliah. Jika informasi tidak dikumpulkan, yang ada di dalam pikiran adalah opini bukan kenyataan. Jika yang dipahami hanya opini yang tidak sesuai dengan kenyataan, keputusan yang diambil-pun akan tidak tepat, hanya kira-kira. Misalnya, pencarian dan pengumpulan informasi yang tepat dan terinci tentang biaya kuliah, akan memberikan pemahaman tentang:

– biaya kuliah di Jepang terjangkau atau tidak
– biaya kuliah di kampus mana yang terjangkau di kampus mana tidak
– kampus mana yang memberikan keringanan biaya kuliah, mana yang tidak
– jurusan apa yang biaya kuliahnya mahal dan mana yang murah
– kuliah di Jepang apakah bisa dengan biaya sendiri atau perlu bantuan beasiswa
– jika dengan biaya sendiri, berapa lama harus menabung untuk persiapan
– setelah kuliah dan tinggal di Jepang, per minggu berapa jam perlu kerja part-time agar biaya hidup tertutupi
– dst.

Impian dimiliki, jalan dicari, maka impian akan terwujud. Impian dimiliki, jalan tidak dicari, hanya direnungi dan diratapi, impian tidak akan terwujud. Untuk mewujudkan impian, langkah pertama adalah mencari dan mengumpulkan informasi.

Tiga Metode Untuk Mencari-tahu

Untuk mencari informasi metode yang digunakan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
1). Komunikasi dengan orang lain
2). Mengamati
3). Memanfaatkan media

Komunikasi dengan Orang Lain

Mencari informasi melalui komunikasi dengan orang lain disebut survei. Survei dapat dilakukan dengan bertanya ke guru di sekolah, bertanya ke saudara yang pernah kuliah di Jepang, bertanya ke kakak alumni, ‘ngobrol’ dengan teman yang pernah sekolah di Jepang atau bisa juga bertanya secara panjang lebar ke konsultan pendidikan Jepang seperti Japan Indonesia Network. Meskipun terlihat sederhana, hanya ‘ngobrol‘ dengan orang lain, dari ‘obrolan’ dengan orang lain akan diperoleh banyak informasi baru, pengetahuan baru yang sebelumnya tidak diketahui. Menjadi tahu yang sebelumnya tidak tahu (mendapatkan pengetahuan baru) dengan cara komunikasi dengan orang lain, mudah untuk dilakukan dan hasilnya akan maksimal, jika komunikasi dengan orang yang tepat, dengan orang yang memang memiliki pengetahuan mendalam tentang hal tertentu. Bertanya ke orang yang tidak tepat mungkin akan menjerumuskan, bertanya ke orang yang tepat akan mencerahkan. Di sini peran konsultan pendidikan sangat besar. Konsultan pendidikan memahami urusan pendidikan dengan lengkap dan terinci, karena ya memang itu pekerjaannya. Konsultan pendidikan Jepang terus-menerus mengumpulkan informasi tentang pendidikan di Jepang. Informasi yang disediakan lengkap dan akurat. Konsultasi dengan konsultan pendidikan akan menghemat waktu, biaya dan tenaga.

Mengamati

Jika komunikasi dengan orang lain lebih banyak menggunakan mulut dan telinga. Mengumpulkan informasi dengan mengamati menggunakan mata dan badan. Mencari informasi dengan cara mengamati disebut observasi. Dengan melihat, banyak hal yang diketahui. Kesan yang didapatkan dari mendengar (survei) dan dari melihat (observasi) akan berbeda. Mendengarkan penjelasan tentang suasana kota Tokyo dan melihat langsung dengan datang ke Tokyo akan memberikan kesan dan pengetahuan yang berbeda. Suasana akan lebih terasa dan teresap apabila dialami sendiri. Pengetahuan yang didapatkan dengan mengalami sendiri, disebut tacit knowledge. Tacit knowledge sulit dibagikan ke orang lain melalui cerita atau media, paling gampang didapatkan dengan cara ‘datang, lihat, alami dan rasakan’.

Jika ingin kuliah di Jepang, di samping mengumpulkan informasi dari guru atau konsultan pendidikan, mungkin tidak ada salahnya juga untuk mencoba berkunjung ke Jepang misalnya dengan mengikuti summer school atau winter school. Dengan berkunjung, ‘suasana’ kota atau kampus yang diminati akan terasa. Apakah benar kota atau kampus yang diminati memang tepat untuk dipilih? Setelah membandingkan dua kota/kampus, kira-kira merasa lebih cocok yang mana? Yang seperti ini mungkin tergantung selera. Keputusan dapat diambil dengan lebih yakin setelah kunjungan secara langsung.

Memanfaatkan Media

Selain dengan mendengar (survei) dan melihat (observasi), mengumpulkan informasi juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan media (lebih generik disebut arsip). Media dapat berupa jurnal, buku, majalah, koran, brosur, website atau media lain dalam bentuk cetak atau digital. Informasi yang disediakan oleh media cetak ataupun digital sangat berlimpah, beragam, kualitas ada yang baik ada yang buruk, ada yang tepat ada juga yang tidak, ada yang sesuai dengan kenyataan ada yang berupa opini. Karena itu, selain perlu waktu dan energi, mencari informasi melalui media cetak ataupun digital perlu kehati-hatian. Informasi yang relevan dan akurat mungkin segera ditemukan mungkin juga tidak (di sini salah satu pentingnya peran guru/dosen/tutor/konsultan).

Tiga metode di atas merupakan metode  untuk menjadi tahu sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui, yang dapat juga digunakan untuk mencari informasi kuliah di Jepang. Tiga metode tersebut merupakan metode pencarian informasi, metode untuk belajar dan juga metode untuk pengumpulan data penelitian.

MENCARI INFORMASI DENGAN CEPAT DAN TEPAT

Jika berminat kuliah di Jepang dengan biaya sendiri, dan  ingin mendapatkan informasi yang relevan dan akurat dengan hemat waktu, tenaga dan biaya, hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network. Japan Indonesia Network menyediakan layanan konsultasi pendidikan – konsultasi studi ke Jepang.