Manfaat Belajar Bahasa Jepang

Sekolah/kuliah, tinggal, atau bekerja di manapun, menguasai bahasa lokal sangat penting. Penguasaan bahasa lokal, akan meningkatkan kelancaran/keberhasilan edukasi/pendidikan, pekerjaan/bisnis, dan kehidupan pribadi. Di bawah ini tiga kategori  dan dua-belas manfaat belajar Bahasa Jepang. Menguasai bahasa sama dengan menguasai komunikasi, menguasai komunikasi kunci keberhasilan.

No Manfaat Belajar Bahasa Jepang
EDUKASI
1 Memperbanyak pilihan universitas dan jurusan
2 Memahami kuliah lebih baik
3 Memperlancar komunikasi dengan dosen dan teman kuliah
PEKERJAAN/BISNIS
4 Honor paruh waktu lebih besar
5 Komunikasi dengan kolega dan atasan/bawahan lebih lancar
6 Peluang karir lebih lebar
7 Membuka kemungkinan bisnis
KEHIDUPAN PRIBADI
8 Teman lebih banyak dan hubungan lebih dekat
9 Menjalin cinta
10 Belanja lebih hemat
11 Lebih menikmati Jepang
12 Pencapaian dan aktualisasi diri

EDUKASI

Memperbanyak Pilihan Universitas dan Jurusan
Tidak semua universitas di Jepang menyediakan program internasional, yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Universitas yang menyediakan program internasional-pun, hanya menyediakan program internasional untuk sebagian jurusan/departemen. Penguasaaan Bahasa Jepang akan meningkat jumlah universitas dan jumlah jurusan yang dapat dipilih.

Memahami Kuliah Lebih Baik
Untuk kuliah program reguler, yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Jepang, kemampuan berbahasa Jepang minimal yang dibutuhkan N2 (level tes JLPT: Japanese Language Proficiency Test). Level N3, N4, dan apalagi N5 tidak mungkin dapat memahami memahami dengan akurat kuliah yang disampaikan dalam Bahasa Jepang.

Memperlancar komunikasi dengan dosen dan teman kuliah
Meskipun sebagian dosen dan mahasiswa di Jepang dapat berbahasa Inggris, mereka akan merasa lebih dekat dan komunikasi lebih lancar bila mahasiswa asing dapat berbahasa Jepang. Penguasaan bahasa membuat mahasiswa asing tidak terasa sebagai ‘orang asing’ dan tidak dirasakan ‘berbeda’. Bahasa ‘meniadakan’ batas.

PEKERJAAN/BISNIS

Honor paruh waktu lebih besar
Bila tidak menguasai bahasa, jenis pekerjaan paruh-waktu (arubaito) yang dapat dilamar hanya pekerjaan yang cenderung membutuhkan otot. Bila menguasai bahasa, pekerjaan yang membutuhkan keterampilan komunikasi ataupun pengetahuan juga dapat dilakukan. Honor-pun akan lebih besar.

Komunikasi dengan kolega dan atasan/bawahan lebih lancar
Tak mungkin pekerjaan dapat dilakukan tanpa komunikasi. Kemudahan dalam komunikasi akan mengurangi kesalah-pahaman dan mempermudah koordinasi. Penguasaaan Bahasa Jepang sangat diperlukan apabila bekerja di perusahaan Jepang.

Peluang karir lebih lebar
Kelancaran penggunaan bahasa merupakan ‘clue’ kecerdasan dan kemampuan. Mereka yang diakui memiliki kecerdasan dan kemampuan, akan mendapatkan peluang karir yang lebih besar.

Membuka kemungkinan bisnis
Bagaimana mungkin memiliki partner bisnis apabila tidak dapat berkomunikasi. Komunikasi dengan rekan bisnis dari negara berbeda kunci untuk membuka pintu kerjasama.

KEHIDUPAN PRIBADI

Teman lebih banyak dan hubungan lebih dekat
Prinsip dalam interaksi sosial: seseorang yang didekati akan mendekat. Mendekati seseorang dapat dapat dilakukan, bila dapat berkomunikasi. Kelancaran komunikasi lisan akan membuka hati, membuat orang lain menjadi teman, teman menjadi sahabat.

Menjalin cinta
Budaya berbeda lebih dipahami bila dialami. Merasakan dan menjalin cinta dengan pasangan dari negara dengan budaya berbeda memberikan banyak pelajaran. Cinta dapat terjalin bila kata-kata asmara dapat disampaikan. ;-).

Belanja lebih hemat
Di pusat perbelanjaan seperti shopping-mall atau shopping arcade, harga ataupun informasi diskon ditulis dalam huruf kanji. Hanya mereka yang memahami arti kanji misalnya setengah harga (hanka) yang akan memanfaatkan kesempatan diskon setengah harga.

Lebih menikmati Jepang
Penguasaan bahasa akan membuat pencarian informasi melalui internet/majalah, melalui observasi (melihat di lapangan) ataupun survey (bertanya ke orang lain) lebih mudah. Informasi dan pengetahuan kunci menikmati kehidupan.

Pencapaian dan aktualisasi diri
Kemampuan komunikasi (dan bahasa) meningkatkan kemungkinan hubungan baik dengan orang lain (network) dan meningkatkan peluang keberhasilan dalam pekerjaan ataupun bisnis. Secara langsung ataupun tidak langsung, kemampuan penggunaan bahasa merupakan kunci sukses. Manfaat belajar Bahasa Jepang, akan semakin dirasakan bila telah sukses.

Hubungi JIN untuk mewujudkan impian sekolah Bahasa Jepang di Jepang. Ikuti kami dan bagikan informasi tentang JIN dengan klik LIKE atau SHARE di bawah ini: