KULIAH DI JEPANG

Jika memiliki impian kuliah di Jepang, artikel Kuliah ke Jepang (klik di sini) dan Kuliah di Jepang Biaya Sendiri (klik di sini) dapat menjadi bacaan pengantar untuk mempersiapkan diri. Kami anjurkan untuk membaca dua artikel tersebut. Selain dua artikel tersebut, artikel Mencari Informasi Kuliah di Jepang (klik di sini) mungkin juga akan bermanfaat untuk persiapan kuliah di Jepang.

Lembaga Pendidikan di Jepang yang dapat dimasuki oleh mereka yang telah lulus SMA dapat dikelompokkan menjadi empat seperti diperlihatkan pada tabel bawah ini.

No Lembaga Pendidikan Sebutan Bhs Jepang | English
1 Sekolah Bahasa Jepang Nihonggo Gakko/Gakka | Japanese Language School
2 Sekolah Diploma Tanki Daigaku | Junior College
3 Sekolah Tinggi Kejuruan Senmon Gakko | Professional Training College
4 Universitas Daigaku | University

Sekolah Bahasa Jepang

Sebelum masuk sekolah diploma, sekolah tinggi kejuruan atau universitas, biasanya calon mahasiswa belajar Bahasa Jepang di sekolah Bahasa Jepang di Jepang. Kemampuan berbahasa Jepang diperlukan untuk memperlancar kegiatan akademik, kehidupan sehari-hari dan meningkatkan peluang kerja dan bisnis.

Kuliah di Jepang JIN

Untuk yang tamat SMA, belajar Bahasa Jepang di Jepang selama 1 sampai 2 tahun, setelah itu masuk sekolah tinggi kejuruan atau universitas. Untuk yang tamat universitas, belajar Bahasa Jepang selama 1 sampai 2 tahun, setelah itu masuk sekolah tinggi kejuruan untuk belajar keahlian tertentu atau masuk program master di Universitas. Durasi belajar Bahasa Jepang di Jepang dapat lebih singkat jika di Indonesia sudah belajar Bahasa Jepang. Jika memiliki impian studi lanjut di Jepang, dan saat ini masih SMP, SMA atau masih kuliah, kami anjurkan untuk ikut kursus Bahasa Jepang di Indonesia, supaya durasi belajar Bahasa Jepang di Jepang semakin singkat (meskipun mungkin belajar Bahasa Jepang di Jepang lebih efektif). Informasi lebih detail tentang sekolah Bahasa Jepang dapat di lihat di halaman Sekolah Bahasa Jepang (klik di sini).

Diploma

Sekolah diploma di Jepang disebut Tanki Daigaku (tanki = durasi waktu singkat/pendek, daigaku = universitas). Sekolah diploma mirip dengan universitas, memberikan penekanan pada pengetahuan/pemahaman bidang keilmuan tertentu dan bukan pada ketrampilan, tetapi waktu kuliah hanya 2 tahun.

Sekolah Tinggi Kejuruan

Sekolah Tinggi Kejuruan di Jepang disebut Senmon Gakko (Professional Training College). Senmon-gakko di Jepang tempat untuk belajar ketrampilan bidang keahlian tertentu. Pelajar yang telah lulus senmon-gakko akan siap bekerja sebagai profesional sesuai bidang keahlian yang dipelajarinya. Pelajar dari Indonesia baik yang telah lulus SMA atau telah lulus universitas dapat masuk senmon-gakko di Jepang untuk menguasai bidang keahlian tertentu (lihat diagram di atas), dan setelah kembali ke Indonesia dapat bekerja atau membuka usaha sendiri sesuai dengan bidang keahlian tersebut (lihat diagram di bawah).

Sekolah Tinggi Kejuruan JIN

Kelebihan belajar di sekolah tinggi kejuruan dibandingkan dengan di sekolah diploma atau universitas adalah penguasaan pengetahuan dan ketrampilan pada bidang keahlian tertentu. Sekolah-sekolah tinggi kejuruan di Jepang menyediakan beragam pilihan bidang keahlian. Pelajar dari Indonesia dapat memilih sesuai dengan minat/hobby. Bidang keahlian yang dapat dipelajari misalnya, IT, desain, desain grafis, animasi, fotografi, otomotif, hospitality & tourism, musik, fashion, dll. Misalnya untuk bidang yang terkait dengan musik, terdapat pilihan bidang keahlian (jurusan) music artist (vocal), band musician, arrangement & composition, sound & visual adjustment, instrument creation and maintenancemusic business, music engineer, dll. Pada bidang fashion, tersedia pilihan fashion design and creation, fashion technolgy, marketing and distribution, industrial pattern, pattern modelist, textile design, business distribution inovation, dll.

Universitas

Universitas di Jepang, sama dengan universitas di Indonesia, memiliki durasi pendidikan 4 tahun untuk sarjana, 2 tahun untuk master dan 3 tahun untuk doktor. Hampir semua jurusan yang ada di universitas di Indonesia juga ada di universitas di Jepang.

WUJUDKAN IMPIAN KULIAH DI JEPANG

Wujudkan impian kuliah Jepang, dengan menghubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network

Dapatkan berita terbaru dari JIN dengan klik: