JENIS SEKOLAH DI JEPANG

Jenis sekolah/lembaga pendidikan di Jepang untuk tingkat setelah  SLTA dapat dikelompokkan menjadi 4 sbb:

No Sekolah Sebutan dalam Bhs Jepang | English
1 Sekolah Bahasa Jepang Nihonggo Gakko/Gakka | Japanese Language School
2 Sekolah Diploma Tanki Daigaku | Junior College
3 Sekolah Tinggi Kejuruan Senmon Gakko | Professional Training College
4 Universitas Daigaku | University

Penjelasan dari masing-masing jenis sekolah/lembaga pendidikan sbb:

Sekolah Bahasa Jepang

Sekolah Bahasa Jepang merupakan sekolah mandiri, bagian dari sekolah kejuruan atau bagian dari universitas, di mana siswa belajar Bahasa Jepang untuk tujuan tertentu. Nihonggo gakko dapat dikolompokkan menjadi 3 seperti di bawah ini.

NIHONGGO GAKKO (Sekolah Bahasa Jepang Mandiri)
Nihonggo Gakko merupakan Sekolah/Lembaga Pendidikan Bahasa Jepang mandiri, sekolah ini . Sekolah ini biasanya bagi pelajar asing untuk belajar bahasa Jepang. Sebagian sekolah menyediakan kelas persiapan masuk sekolah tinggi/universitas. Kelas yang ada di Sekolah Bahasa Jepang 4 jenis seperti di bawah ini.

Tiga Jenis Kelas di Sekolah Bahasa Jepang – Nihonggo-Gakko
1. KELAS UMUM
Untuk siswa yang telah menyelesaikan pendidikan setingkat SMP atau SMA. Jangka waktu kelas umum beragam mulai dari 2 minggu – 1 bulan –  3 bulan – 1 semester –  2 semester – 3 semester atau 4 semester.
2. KELAS BISNIS
Untuk mereka yang membutuhkan kemampuan komunikasi bisnis menggunakan bahasa Jepang. Kelas ini biasanya diikuti oleh mereka yang akan bekerja atau sedang bekerja dan membutuhkan kemampuan komunikasi bahasa Jepang di pekerjaan. Kelas ini juga dapat diikuti oleh mereka yang telah lulus kuliah dari Jurusan Bahasa/Sastra Jepang di Indonesia dan ingin memperlancar kemampuan berbahasa Jepang untuk kemudian digunakan saat bekerja. Usia siswa tidak dibatasi.
3. KELAS PERSIAPAN | PREPARATORY
Untuk siswa yang telah menyelesaikan pendidikan setingkat SMA selama 12 tahun  atau kurang dari 12 tahun (SD – SMP dan SMA) dan berniat masuk perguruan tinggi atau sekolah tinggi kejuruan. Selain pelajaran Bahasa Jepang – siswa belajar materi untuk ujian masuk perguruan tinggi/sekolah tinggi kejuruan. Tidak semua Nihonggo Gakko mendapatkan ijin dari pemerintah Jepang untuk menyelenggarakan kelas preparatory. Hubungi kami untuk konsultasi.

NIHONGGO GAKKA (Jurusan Bahasa Jepang)
Jurusan Bahasa Jepang merupakan bagian dari  Sekolah Tinggi Kejuruan (Professional Training College). Salah satu manfaat belajar bahasa Jepang di sini adalah jam pelajaran di sekolah biasanya lebih panjang daripada belajar di sekolah bahasa Jepang biasa.

Catatan:
Selain Nihonggo Gakko dan Nihonggo Gakka, juga ada Ryugakusei-Bekka. Ryugakusei-Bekka merupakan lembaga pendidikan Bahasa Jepang yang umumnya terdapat di Universitas Swasta. Pelajar yang sekolah di Ryugakusei-Bekka dapat menggunakan semua fasilitas yang ada di kampus.

Sekolah Tinggi Kejuruan

Sekolah Tinggi Kejuruan atau Professional Training College di Jepang disebut Senmon Gakko. Senmon Gakko tempat untuk belajar keahlian khusus seperti keahlian komputer, animasi, desain grafis, musik, fashion, kecantikan, kebugaran, memasak, pemasaran, merawat pet, manajemen, dll. Sekolah ini dapat dimasuki oleh mereka yang telah lulus SMA, lulus kuliah dan ingin memiliki keahlian/ketrampilan khusus, ataupun mereka yang sudah lama bekerja dan ingin wirausaha dengan keahlian/ketrampilan khusus yang dimiliki. Untuk calon siswa yang berasal dari luar negeri dan belum bisa berbahasa Jepang, sebelum masuk Senmon Gakko, dapat belajar bahasa Jepang di Nihonggo Gakko atau Nihonggo Gakka (lihat kembali penjelasan di atas).

Sekolah Diploma

Sekolah diploma atau Junior College di Jepang disebut Tanki Daigaku atau disingkat Tandai. Di Jepang sekolah diploma 2 tahun, dan tidak seperti di Indonesia, lulusan Tandai tidak dapat melanjutkan studi ekstensi ke universitas. Jika lulus Tandai dan ingin masuk universitas, harus masuk dari awal (tingkat 1).

Universitas

Universitas di Jepang sama dengan Universitas di Indonesia, memiliki berbagai jurusan/program studi dan program disusun 8 semester/4 tahun. Sebelum masuk universitas di Jepang, calon siswa dapat mengikuti Kelas Persiapan/Preparatory di Nihongo Gakko/Nihongo Gakka untuk belajar Bahasa Jepang sambil belajar materi untuk ujian masuk universitas. Meskipun di universitas-universitas di Jepang tersedia juga program internasional (dalam Bahasa Inggris), komunikasi dengan dosen, teman-teman kuliah dan juga tambatan hati <3 akan lebih mudah jika Bahasa Jepang dikuasai. Di manapun berapa, menguasai bahasa lokal akan sangat mempermudah kehidupan.

Japan Indonesia Network (JIN) membantu anda mendaftar dan mengurus studi lanjut ke Sekolah Bahasa Jepang, Sekolah Tinggi Kejuruan, Sekolah Diploma dan Universitas di Jepang. Hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network

Ikuti kami dengan mengklik SUKA dan BAGIKAN di bawah ini.