Harga Makanan di Jepang

by

HARGA MAKANAN DI JEPANG

Seperti di Indonesia, harga makanan di Jepang tergantung tempat membeli makanan tersebut. Harga makanan paling murah yang dibeli di supermarket dan dimasak sendiri. Di atas itu tetapi masih termasuk murah adalah makanan di kantin kampus atau bento (nasi bungkus) yang dijual di convenient store seperti Family Mart, 7 Eleven, Sunkus, dll. Lebih mahal dari itu, di restoran-restoran kecil di sekitar kampus. Lebih mahal lagi di restoran-restoran di pusat keramaian atau di pusat perbelanjaan. Makanan yang sama harga berbeda, tergantung tempat membelinya. Artikel ini tentang harga makanan dan contoh-contoh makanan dan harganya. Artikel ini mungkin bermanfaat bagi calon pelajar atau orang-tua pelajar yang akan menyekolahkan anaknya ke Jepang. Harga yen yang dijadikan rupiah dalam artikel ini menggunakan nilai tukar 1 yen 110 rupiah. Gunakan nilai tukar saat anda membaca artikel ini, untuk memperkirakan harga dalam rupiah lebih akurat.

Tabel. Rangking Harga Makanan di Jepang

Rangking Perkiraan Harga Tempat Membeli
1 100-300 Yen Makanan yang dibeli di supermarket dan dimasak sendiri
2 200-600 Yen Kantin kampus | Bento (nasi bungkus) di convenient store (konbini) | Rumah makan cepat saji
3 400-1200 Yen Rumah makan di sekitar kampus | Family restaurant
4 800-2400 Yen Restoran di pusat-pusat keramaian
5 Lebih dari 2400 Restoran mewah

Harga Makanan di Kota Besar dan Kota Kecil

Di Jepang harga makanan di kota besar atau kota kecil  tidak berbeda. Di manapun,  harga makanan kira-kira sama. Yang membuat biaya hidup di kota besar dan kota kecil berbeda bukan makanan, tetapi apartemen. Untuk apartemen dengan kualitas yang setara, biaya sewa apartemen di kota besar bisa 2 – 3 kali lebih mahal dibandingkan kota kecil.

Memasak Sendiri

Tinggal di negara manapun, biaya yang dikeluarkan untuk makanan akan lebih murah (paling murah) apabila masak sendiri. Di Jepang, semua apartemen selalu dilengkapi dengan dapur. Di dapur tersedia kompor dan tempat cuci yang dapat digunakan untuk memasak. Mahasiswa biasanya memasak untuk makan pagi, makan malam atau bekal untuk makan siang di sekolah/universitas.

Harga Makanan di Kantin Universitas

D (6)D (7)D (4)Harga makanan di kantin universitas lebih murah dibanding di tempat lain. Gambar di atas kiri, makan siang di kantin Universitas Hiroshima di Jepang. Harga Tempura Udon 233 yen (Rp 25.630) dan Shirozakanano Furai 71 yen (Rp 7.810), harga total 304 yen (Rp 33.440). Gambar atas tengah, Tempura Udon 233 yen (Rp 25.630) dan Okurabekon Makiten 140 yen (Rp.15.400), harga total 373 yen (Rp 41.030). Gambar atas kanan, penyajian makanan di kantin universitas.

Rumah Makan Cepat Saji

Rumah makan cepat saji di Jepang, menjual makanan dengan harga yang relatif murah. Di bawah ini beberapa contoh rumah makan cepat saji. Gambar paling atas di halaman ini foto interior Marugame di Hiroshima.

Tabel. Contoh Rumah Makan Cepat Saji.

Rumah Makan Jenis Makanan Website
Marugame Udon  http://www.toridoll.com/en/
Matsuya Gyudon  http://www.matsuyafoods.co.jp/
Nakau Udon  http://www.nakau.co.jp/jp/index.html
Yoshinoya Gyudon  http://www.yoshinoya.com/

E (4) E (5) E (6)

Gambar atas kiri, suasana di dalam Marugame Higashi Hiroshima. Gambar atas tengah, tempura hangat dekitate. Gambar atas kanan, menu makanan yang dipesan, Tempura Udon 340 yen (Rp 37.400), Yasai Tempura 150 yen(Rp 16.500), harga total 490 yen (Rp 53.900).

E (3) E (2) E (1)

Gambar atas kiri, papan nama Marugame. Gambar atas tengah, eksterior Marugame siang hari. Gambar atas kanan, eksterior Marugame malam hari.

Hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network

Dapatkan berita-berita terbaru dari kami dengan mengklik SUKA dan BAGIKAN di bawah ini.