Biaya Sewa Apartemen di Jepang

by

Artikel ‘Biaya Sewa Apartemen di Jepang’ ini disusun berdasarkan data/fakta bukan opini ataupun sekedar pengalaman pribadi. Data diolah dari data mentah www.homes.co.jp, yang merupakan situs yang menyediakan informasi terlengkap tentang rumah/property yang disewakan ataupun dijual di Jepang. Situs tersebut hanya tersedia dalam Bahasa Jepang dengan target grup orang Jepang.  Apartemen yang dipasarkan melalui situs tersebut belum tentu dapat disewa oleh pelajar asing yang sedang sekolah di Jepang.

Artikel ini disusun untuk memberikan gambaran tentang rentang harga/biaya sewa apartemen di Jepang. Gambaran biaya sewa apartemen ini sangat penting, mengingat biaya sewa apartemen/kost mungkin mengambil porsi terbesar pengeluaran pelajar yang sedang sekolah/kuliah di Jepang. Artikel ini melengkapi pembahasan tentang Biaya Hidup di Jepang dan Biaya Kuliah di Jepang.

Di Jepang hunian yang disewa oleh seseorang yang belum memiliki rumah biasanya disebut apartemen. Di Indonesia biasa disebut kost atau kontrakan. Pelajar dari Indonesia yang sekolah/kuliah di Jepang umumnya tinggal di apartemen. Hanya sebagian kecil yang tinggal di asrama. Harga/biaya sewa apartemen di Jepang sangat beragam. Gambaran biaya sewa apartemen di Tokyo, Osaka, Fukuoka, Kyoto, Sapporo dan Kagoshima dapat dilihat pada line-chart di bawah ini.

Di Tokyo, jumlah unit yang paling banyak disewakan adalah unit dengan rentang biaya antara 60-70 ribu yen dan 70-80 ribu yen per bulan (lihat posisi puncak dari garis merah di line-chart di bawah). Di Osaka, jumlah unit yang paling banyak disewakan, unit dengan rentang biaya sewa 50-60 ribu yen dan 60-70 ribu yen. Fukuoka, Kyoto dan Kagoshima memiliki kecenderungan yang sama, jumlah unit yang paling banyak disewakan pada rentang biaya sewa 40-50 ribu yen dan 50-60 ribu yen. Di Sapporo unit yang paling banyak disewakan, 40-50 ribu yen dan 30-40 ribu yen. Terlihat kecenderungan apabila kota semakin besar, jumlah unit apartemen yang disewakan dengan harga lebih mahal cenderung lebih banyak

Proporsi Biaya Sewa Apartemen di Jepang

Line-Chart. Perbandingan jumlah unit dari setiap rentang harga sewa apartemen di beberapa kota di Jepang. Sumbu X, biaya sewa apartemen dalam satuan ribu yen (paling kiri sampai dengan 30 ribu yen, 30-40 ribu yen, dst). Sumbu Y jumlah unit apartemen yang sedang tersedia dan dapat disewa pada awal bulan Februari 2016. Line-chart © Japan Indonesia Network.

Mozaic-plot di bawah ini memperlihatkan persentase unit apartemen yang disewakan dengan rentang biaya sewa tertentu. Di Tokyo, apartemen dengan biaya sewa kurang dari 30 ribu yen per bulan, hanya berjumlah 1% dari jumlah total unit apartemen yang tersedia. Di Osaka dan Kyoto sekitar 5 %, di Fukuoka 9% dan di Sapporo 12%. Kota semakin kecil, jumlah unit apartemen yang disewakan dengan harga lebih murah lebih banyak.

Persentase Biaya Sewa Apartemen di Jepang

Mozaic-Plot. Persentase unit (jumlah unit dibagi jumlah total unit yang tesedia/available) dari setiap rentang biaya sewa apartemen di beberapa kota di Jepang. Persentase unit dengan biaya sewa kurang dari 50 ribu yen per-bulan di Tokyo hanya 13%, di Osaka 33%, di Kyoto 39%, di Fukuoka 49%, di Sapporo dan Kagoshima masing-masing 58%. Mozaic-plot © Japan Indonesia Network.

Biaya sewa per-bulan yang ditampilkan di atas dalam satuan mata uang Yen. Untuk konversi Yen ke dalam Rupiah, buka Yahoo Currency Converter (klik di sini).

WUJUDKAN IMPIAN SEKOLAH/KULIAH DI JEPANG

Hubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 022-20451463/0812-1477-937, LINE jin_office atau follow instagram kami japan.indonesia.network

Ikuti kami dengan klik LIKE atau SHARE di bawah ini:

Featured Image CC Erwinsoo